arashiyama-Kyoto

arashiyama-Kyoto
arashiyama-Kyoto

Translate

Rabu, 24 Agustus 2011

DAY SERVICE

iNi beda ma deLiveRy seRvice Lho...
jd buKan tentang layanan antar jemput makanaN, apaLagi LayaNan bagi2 makanan... en gak ada sangkuT paUtnya ama empat belas kosong empat lima... hihihi.....

Day service = pelayanan harian = デイサービス (baca dlm Logat inggris ala jepang nya : dei sabisu)
Di Jepang seLain ada pelayanan panti yg biasanya si lansia emang tinggal dipanti, ada juga pelayanan harian. Pelayanan harian ato yg disebut dei sabisu, dimulai dgn menjemput lansia langsung dr pintu rumahnya pd pagi hari, dan sorenya dianter pulang lagi sampai pintu depan rumah nya.


Klo mo dibayangin ya kaya penitipan gitu. Rata2 org jepang semua pekerja keras dan sibuk, jd ga ada yg bs jagain org tuanya selama mereka kerja seharian. Selama mereka dititipin macem2 kegiatan yg mereka bs lakuin di panti, ada yg doyan ngobrol, ada yg jago seni lipat kertas ato biasa kita sebut origami, trus ada yg suka jahit men jahit en sulam menyulam (あみもの = amimono), ada juga yg suka mewarnai gambar dan lain lain. Pelayanan dei sabisu juga melingkup makan siang dan makanan selingan jam3 sore (おやつ= oyatsu).

Selama 1thn lebih gw kan di Lantai 2, bener2 ga ngerti ttg dei sabisu begitu jelas. JadiLah 2minggu ini gw dimasukin dines di dei sabisu. Seru bs ngobrol macem2 ma lansia2. Cerita ttg pengalaman mereka jaman perang dulu. Rata2 pada tau ttg SoekaRno lho presiden Indonesia yg pertama ^^)/. Ya konon sejarah nya Presiden Soekarno punya istri wanita jepang Ratna Sari Dewi Soekarno (lahir dengan nama Naoko Nemoto (根本七保子, Nemoto Naoko).


Presiden RI pertama Soekarno 

Ratna sari dewi soekarno


Itu sebagian foto yg gw dapet di internet. Cuantiiikk yah??? nenek2 di panti juga bilang dewi fujin (Ibu dewi) itu emang cantik.
foto terbaru yg bisa gw dapat hasil search minta tolong ma mbah google sih foto ini...     
      


Yah pokoknya seRu lah selain itu gw juga diajarin origami macem2. En ada nenek yg namaNya Tsurumi, sengaja bikinin gw Gasing dr kertas, awalnya gw ga tau itu apa dia cuma bilang 隅 = kuma , gw pikir beruang (熊= kuma =beruang) hehehehhe... awalnya gw pikir si nenek pikun lupa bentuk beruang kaya apa hehehhehe.... nih ada videonya juga. klik aja.

dibikinin 4 gasing ^^)
                 


selain itu gw juga dikasih apa ya namanya kaya senjata ninja jaman doeloe, ini bikin berdua ma Tsurumi san :) (nama disamarkan :p)
oh ya dia buLan agustus ini berusia 101 tahun lho. aje gilee... Masih sehat, diajak ngomong nyambung cuma agak susah jalan aja. Luar biasa Lah nenek di jepang. Ada juga lho yg usia 104 tahun, 一人暮らし  (hitori gurasi) alias tinggal sendirian dirumah. Emang bener deh org jepang itu umurnya panjang2.


Trus ama Nodagashira San waktu gw liat dia lg sibuk ngebuntel2 tisu en kertas karton, en sibuk nge Lem. Gw tanya Lagi bikin bunga ya, bunga apa? ehh malah gw dikasih tuh bunga, dia bilang 知らない 花 (siranai hana) alias Bunga yg gak tau apa namanya. Hehe,,, si nenek ada ada aJa...





Oh ya sekedar buat tambahan, ada juga org jepang yang membayar jasa home helper, untuk mengurus keperluan lansia klo ditinggal dirumah. Di jepang gak ada istilah pembantu rumah tangga sih. Home helper ini juga ada sertifikat khusus baru bisa jd home helper.

yah 2 minggu ini seru bs ngobrol bebas ma nenek dan kakek en bisa tau alamat rumah mereka en gaya hidup mereka... seruuu....
mulai minggu depan siap2 balik lagi dines di lantai 2, mmm.... 頑張れ!!!!!! Ganbareeee!!!!!!






Tidak ada komentar: