arashiyama-Kyoto

arashiyama-Kyoto
arashiyama-Kyoto

Translate

Rabu, 01 Agustus 2012

BeRumah Tangga itu...



Assalammualaikum…

postingan kali ini, saya ingin menceritakan kehidupan rumah tangga sederhana di jepang.
yang pastinya… ya rumah tangga saya hee..

 

setelah resmi di ikat tali pernikahan (06-07-2012) dan menggelar selamatan kecil2an atas pernikahan kami di depok, saya dan suami kembali ke jepang. Suami tidak bs pindah dr apato (kontrakan) perusahaan tmp dia bekerja, krn terikat kontrak kerja. Agar kami bs tetap tinggal bersama dlm 1 apato,  bbrp mggu sbelumnya pernikahan saya pindah apato, mendekatkan diri ke dekat apato suami.   


postingan saya ttg pindah apato bs diklik dsini

Jadi ya klo diliat dari kartu register (KTP WNA) kami berdua tinggal di alamat yg berbeda, tp pada kenyataannya sih tiap hr kami hidup dibawah satu atap.. halaaahh.. ya apa boleh buat, keadaan yg memaksa, setidaknya untuk sementara kok.

Hari2 hidup rumah tangga,
lumayan bikin saya shock, krn selain tempat kerja saya yg lbh jauh dr dulu, sekarang saya hrs bangun lbh awal agar tdk ketinggalan kereta, saya jg sedang di repotkan dgn persiapan ujian negara kaigofukushishi januari thn depan, selain itu dgn status sbg seorang istri saya jg punya ttg jwb mengurus rumah dan suami.

 

awal2nya semua keteteran… untung suami sangat pengertian, gak salah pilih deh… suami gak segan2 membantu pekerjaan rumah tangga seperti memasak, mencuci dll… malah lebih sering dimasakin suami krn saya pulang kerja sll terlambat, maklum pekerjaan sbg perawat lansia dipanti tmp saya bekerja mengharuskan saya utk menulis laporan ini itu dgn tulisan tangan (tulisan jepang lhoo para pemirsahh)
(T__T).
bener2 gak salah pilih suami deh,,, bersyukur bgt…



Ok.. saya mau cerita kegiatan saya sbg istri. Dihari libur (sbtu-minggu) saya berusaha menyempatkan diri memasak untuk suami. Krn msh pengantin baru, pengennya masak yg belum pernah saya masak sebelumnya… misalnya kaya soto betawi… pizza… bubur ayam… ato bikin kue2…
padahal sebelum nikah bumbu dapur aja byk yg gak saya tahu, malahan suami lbh hafal heee..
 

ya skrg kan udh ada yg akan memuji dan mngkritik masakan saya, jadinya semangat utk masak itu timbul.

Untuk berbelanja keperluan dapur saya dan suami gak perlu jauh2, krn bbrp meter dr apato ada supermarket (suupa) murah yg lumayan gede, namanya OK STORE. Di telinganya org2 jepang suupa OK STORE ini terkenal murah lhoo. Jadi klo mau beli sayuran, ikan, buah dan cemilan2 ya dsana. 
ok store
 
Tapi klo untuk bumbu2 dapur, yg notabene bumbu2 msakan indonesia (seperti bwg merah, cabe merah, rawit, kunyit, serai dll) jarang ditemukan di suupa jepang, saya dan suami memesan bumbu beserta daging halal dr Facebook  atau klo sedang berkunjung ke rumah teman di daerah aikawa, kami sempatkan diri utk mampir di toko Thailand yg ada di dekat sana. Jgn salah di toko Thailand itu selain bumbu rempah2 nya mirip dgn bumbu2 yg org Indonesia pakai, dsana jg jual Durian lhoo…

meskipun harganya 10x lipat lebih mahal dr harga di Indonesia… ya apa boleh buat, klo gak ada sambel, rasanya makanan Indonesia tuh gak lengkap kan?? Apalagi untuk suami saya yg doyan nya sambel terasi, sblum kembali ke jepang setelah pesta pernikahan, saya beli terasi saschet buat persiapan 1 tahun lhooo para pemirsahhh….!!
wlwpun tinggal di jepang udh hampir 3thn, teteup aja lidah nya mah Indonesia bgt…!

 


terkadang klo mau masak rada ke jepang2an kaya bikin tempura udang atau mo bikin nasi kare pake bumbu jepang ( yg insyaallah halalnya). Dan tetep itu tempura udang di cocol pake saos sambel heheehe… dan klo nasi kare teteup aja bumbunya ditambahin cabe merah biar pedesss heee…


menikah itu ajaib buat saya...
masakan diatas pertama kali saya buat dijepang, dgn mengandalkan bantuan Mbah google... ^^)


Sejak menikah variasi makanan saya lumayan jd lebih byk dan bergizi, soalny sebelum nikah krn masak cm buat diri sendiri.. ya keseringan ceplok telor mpe bisul2 baru deh ganti menu hahhahahayyy :p. 

Tapi sejak menikah pengennya tiap weekend tuh jalan2 terusss,,, foto2 di tmp2 romantis…
berasa jepang milik berdua… pdhal  efeknya tiap bulan kena gejala kanker alias kantong kering kriuk kriuk…

klo udh gini ya menu fav kami berdua tidak lain dan tidak bukan sebangsa telor juga… telor dadar para pemirsahh hahahahahyy…

Gitu aja deh curhat ttg hdup saya berumah tangga di pelosok negri doraemon… ^__^
soto betawi
gulai ayam+rebung
kare seafood + tahu



masakan jepang-indo 
(sekihan+balado teri kacang)
pecel
ini ceritanya Pepes ikan heee

Tidak ada komentar: