arashiyama-Kyoto

arashiyama-Kyoto
arashiyama-Kyoto

Translate

Sabtu, 04 September 2010

meMory WaRu, Parung BogoR...

<coPas dr Fb nih...>

Jepang, 05/06/2010
Tengah mlm, saat ga bs tidur

kesepian merambat, teringat kisah laLu... (ciiieeeeh gubbbrak)

Cuma mengenang kisah beberapa tahun yg lalu...
waktu msh menginjak bangku kuliah...
(akh... seakan mhsiswi durhaka gw nginjek2 bangku kuLiah :p)

waktu itu gw msh terdaftar di STIKES MRH Cibubur jur Kebidanan...
seperti pd umumnya, kLO udh di semester 5 en 6 kita semua berkutat ma program2 yg minta ampun bikin sibuk...
nah saat di sem 5 ada yg namanya PKMD (haduuh kepanjangannya apaan ya.. knp gw jd amnesia gini???...)


ya pokoknya PKMD lah, praktek ini tuh... terjun lgsg ke rumah2 penduduk utk meninjau en mndata scra lgsg en mendetail ttg tingkat kesehatan lingkungan di suatu desa..
nah iya baru inget.. PKMD itu Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa...
(harap mklum memorynya Cuma 4Gb… byk file2 yg ke hidden… hehehehe)
nah terpilihlah daerah yg lumayan jauh dr kampus gw... (daerah Parung, bogoR)... tapi kok malah deket ke rumah gw (depok)???
ya yang penting prakteklah intinya...

terpilihlah Desa Waru RW 01-07... di parung Bogor.

tgl 24-04-2007 sampailah kita, suasananya sejuk bgt... msh byk ilalang... semak2... sawah2 dimana2...
penduduknya ramah2 Bgt... ya damai dehh
si ane begaya di kebon hehehe



hampiR aja gw nekad mau biKin video kLip iLaLang ala machica moekthar hehehe :D
kita semua sekitar 100 mahasiswi ditempatkan disana 2minggu, kita tidur en berkembang biak sama laporan2 di gedung yasepindo (Yayasan EpidemioLogi Indonesia) klo ga salah gedung milik Universitas Indonesia…

Gedung 2 lantai, ada fasilitas kamar Byk… 1kamar ditempatin 6-8 org… lengkaplah buat penelitian, ada aula, ada ruangan buat ngetik… (komputernya sih bawa dr cibubur bbrp unit yg cukuplah buat 7 kelompok.. klo ga salah… lupa2 inget.. :p

Gedung ini ada di desa pemagar sari, gak begitu jauh sih dr Desa waru… jd tiap mo terjun penelitian kita dianter bus dr gedung yasepindo ke desa Waru.

Hr pertama penyambutan, pendataan pnduduk, terus berlanjut pndataan fasilitas kebersihannya… dan tidak lupa cari ibu hamil, baLita… hehehe…
Hari2 berikutnya kita heboh ma pendataan kelompok masing2… heboh ma ketikan… begadang mpe pagi diruang komputer… belum lagi persiapan untuk presentasi, penyuluhan & acara MMD (Musyawarah Masyarakat Desa)…

Tapi yg namanya cwe2 ngumpul, pasti tetep ngerumpi, makan2, belanja2…
Nah kita dkasih waktu refresing istirahatin otak di hari ke 7, hr mggu, kita dianter bus jalan2 kemana lagi klo bukan ke Bogor, vactory outlet gituuuu… belanjaaaa…. Hahahaha

Sangkin senengnya pulang2 belanja, kita ribut bgt di kamar masing2… ngobrol2 belanjaan, ngobrol2 ngalor ngidul ketawa ketiwi cekikikan. Malah kamar sebelah gw, nyalain musik kenceng2 trus nyalain lampu disko<<< gak tau tuh lampu siapa yg bawa.

Gw rasa itu suasana yg plg berisik (dr 100 mahasiswi yg baru pulang shopping…) di desa yg damai itu…
Tapi itu gedung gak tll rapat kok sama rmh warga… jd warga gak akan terganggu.

Dikamar yg gw tempatin jg gak jauh beda… berisik juga. Kamar gw dilantai 2 kamar no 7.
Kita ngobrol sambil foto2. Seperti biasa dr dulu emg hobi ngambil foto (apalagi diFoto.. <<< hobi bgt ^_^ hehehe…) mlm itu sekitar jam 8mlm kayanya, gw iseng foto temen yg lagi pose aneh gitu lewat kamera Hp (maklum dulu ga mampu beli kamera digital hehehe) sambil ngobrol2 gw buka lagi tuh galeri foto buat liat hasil foto tadi…

JEEEENk jeeeeNKK…..!!!!! begitu gw liat foto yg gw ambil tadi, ada cahaya kuning2 gak jelas gitu. Gw lgsg teriak kenceng en lari!!!... waaahhh semua panik… dan kita lgsg lari ke kamar slh satu temen namanya “MT”, dia dari dulu kita tau dia punya “kelebihan”… begitu dia liat tu foto lgsg dia suruh hapus…

belum hilang shock gw & temen2, terdengar dr kamar gw ada temen yang teriak2 gitu. Bukan Cuma dari satu kamar… dari kamar sblh, si WD juga triak…
akh… lagi lagi rasanya badan gw lemes bgt… krn gak lama ada temen ngetok pintu bawa2 HP dr lantai 1…
hasil fotonya lebih bikin gw mo pingsan rasanya… bayangan putih… hadooooh gw merinding nih!!!
Kita diem numpuk sekitar 15org lebih dikamar si MT yg kapasitasnya Cuma buat 7org… bukan Cuma jantung deg deg kan karna ketakutan… tapi karna sesek nafas rebutan oksigen juga bikin tmbh lemes.. heheheheh….

Pengen BGt keluar & bantuin yg “kena” …
Tapi ada aba aba dr luar “yg udah dikamar, tetep dikamar masing aja!! Jgn pd keluar duLu!!” jadi ya kita diem pasang telinga en berdoa.

Gak lama sih kita denger suara dosen en beberapa org2 baru dtg kelantai 2, kekamar WD… ga lama temen yg dikmar WD dtg ke kamar MT, tempat kita pada numpuk kaya teri lagi jantungan…
“yg anak kamar 7 kesebelah semua” begitu kata si XX…
kamaR 7, ya itu kamaR gw!!!
siipp bgt begitu masuk kamar WD gw liat ada dosen, ada seorang bapak & seorang ibu (tebakan gw sih dr style & tindak tanduknya sih itu pak & buk dukun)
si bapak yg menurut gw dukun itu lg mencet-mencet sekujur tangan WD, dah kaya remote control whehehe... (ga tau deh tujuan nya apa, maklum gw krg percaya dgn cr pencet2an itu apalagi sembur semburan)

Si WD melototin sambil nyengir ke kita2… waduuuuhhh jantung gw ngeDangDut remiX seketika, krn 2thn kenal WD ga pernah liat dia nyengir kaya gituuu… biasanya sih klo nyengir manis, tp kali ini hawanya gelaaap bgt.

Yg lbh mengejutkan Temen gw si NF yg duduk disblh gw ketakutan mpe nangis2. Padahal Selama 2thn gw ga pernah tau klo dia bs nangis, dia temen yg plg suka ngebanyoL, sll bikin ketawa… nah kali ini siapa yg bs bikin ketawa disuasana kaya gini??? paling engga bikin jantung ini ngePop dikit. Pelawaknya aja nangis????
Kita dr kamar no 7 harus minta maaf karna berisik katanya, ya percaya ga percaya, (ya saat itu kita mah percaya semua whehehe)... tanpa berlama lama kita lgsg minta maaf.

Akhirnya mlm itu Pak kyai yg dr pesantren deket sana dtg, (nah kLo pak Kyai gw percaya ^_^)
semua sudah aman terkendaLi… yg pada “kena” udh pada tenang.

Tapi tetep aja tidur menunggu pagi numpuk kaya ikan yg dipepes, merapat se rapat2nya. Tinggal dibumbuin hehehe….

besoknya... penasaran donk gw ma si WD yg semaLam jd "koRban"...
utk ngobatin rasa penasaran... maen deh gw ke kamarnya sama bbrp temen yg sama penasarannya ma gw...
Menurut cerita si WD dlm keadaan udah sadar, dia cerita asal muasal kejadiannya… dia lihat semua, merinding deh denger ceritanya… huuufttt intinya sih kita berisik. memang bukan warga desa yang terganggu tapi “warga” yg lain yg terganggu (mungkin…. Wallahhualam)

Karna msh ada tanggung jwb sama kepala Desa untuk acara 6hari berikutnya, kita semua msh harus bertahan, walau rasanya pengen pulang cepet2… (beberapa dosen mlh beneran ada yg pulang, bela belain ga mau nginep... curangggNya... pdhal gw tinggal naik angkot bs lgsg plg krmh tuh...) tapi bhubung inget tujuan awal untuk penelitian & pendataan! (ciiee elaahh) Jd tetep semangat!

dan Mlm berikutnya giliran lantai 1 yg “kena”… lagi2 mencekam…
Kaya lagi syuting Film HOror.. kLo matahari msh bsinar, lega bgt rasanya. tp begitu mo geLap… huuufttt Mencekam!!!

Hari berikutnya berubah total, yang biasanya pada mandi jam 9-10 mlm, jam4 sore udh rebutan antri mandi. Yg biasanya telp freetalk ma pacar, puasa dulu. Yg biasanya ngakak skrg cukup ketawa ato nyengir2 kuda aja. Yg ketoilet sendiri, skrg berdua2 hehehehe…(klo gw sih ga bdua, cukup tuh pintu toilet dibiarin ngablak gw dah girang bgt wkwkwkwk...)

Habis shalat magrib jamaah semua pada ngaji, manteb deh… itu gedung berubah sekejap jd pesantren kaya nya ^_^… yg non muslim juga gabung punya kegiatan ibadah…
kLo menurut gw sih itu hiKmah dr semua ini.

Setelah diadain pengajian dr pesantren & org2 desa sana di gedung itu, ga ada lg yg “kena”…

Akhirnya kita bs fokus bikin tugas presentasi, penyuluhan en acara MMD sukses!!! Begadang dpn komputer, sampe bikin rumus SPSS otodidak (krna sang dosen ngasih ilmunya separoh doank) hehehehe.
ngutak ngatik SPSS mpe pengen banting komp :@

AlhamduLillah, selain pelajaran & ilmu kemasyarakatan yg kita dpt, iLmu bermanfaat lainnya juga kita peroleh…
Presentasi dpn ibu2 di posyandu, wkwkwkwk kalah kampaye partai ini mah hehehehe

Buat penduduk Desa waru, terima kasih atas penyambutan nya dan keramahan nya… gak bakaL saya Lupain seumur hidup deh pernah praktek & muter2 disana…
miss u aLL lah poKoknya ^^)

Buat semua temen2 seperjuangan PKMD Waru.. miss U aLL…

THe enD....

2 komentar:

hesty arnize mengatakan...

blanja apa sih emang,,, ga bagi2 aku sihhhh :p

laptopmerah mengatakan...

biasa beli bajuu whehehe :D