arashiyama-Kyoto

arashiyama-Kyoto
arashiyama-Kyoto

Translate

Sabtu, 02 Februari 2013

Ujian Kaigofukushishi....

Assalammualaikum…

Minggu 27 januari 2013… di hari itu penentuan nasib buat saya dan teman2 EPA yg thn ini ikut 介護福祉士の国家試験 alias ujian Negara kaigofukushishi / perawat lansia. Sebenernya ini ujian diselenggarakan tiap tahun kok, tp ya persyaratan ikut ujian ini musti punya pengalaman kerja minimal 3tahun sbg kaigo dipanti.

Dgn ikut ujian ini perawat2 yg bekerja di panti bs dpt sertifikat resmi  sbg perawat lansia. Sebenernya sih tnp sertifikat jg bs kerja dipanti, tp beda tingkatan gajinya.

Klo buat saya dan teman2 EPA, ikut ujian ini adalah tujuan utama program EPA kerjasama Indonesia-jepang. Krn bila perawat2 asing lulus dlm ujian ini, dan bersertifikat resmi, diharapkan perawat asing bisa terus bekerja di panti2 jepang. Krn seperti yg kita tahu Jepang kekurangan tenaga perawat terutama perawat lansia. Kenapa bs kekurangan??? Krn jmlh penduduk lansia di jepang tiap tahun meningkat sebab angka harapan hidup org2 jepang cukup tinggi alias mereka panjang umur…

mereka yg pjg umur ini bukan berarti mereka sehat sehat semua… namanya juga manusia makin tua pasti makin byk penyakitnya, makanya para lansia ini kebanyakan tinggal di panti2 untuk dirawat. Knp bukan keluarga mereka yg merawat mereka dirumah seperti yg kebanyakan di Indonesia??

Klo untuk lansia yg msh bs menjalani hari2nya dirumah, mereka ttp tinggal dirumah dan kdg ikut kelas day service tiap hr nya. Ttg day service ini bs di baca disini. klik disini 

Nah klo untuk lansia yg memerlukan bantuan seperti mereka yg berkursi roda dan sdh tidak bs makan sendiri atau yg sudah demensia (pikun lansia) pasti berbahaya meninggalkan mereka dirumah sementara anak2 nya bekerja seharian dikantor, nah para lansia inilah yg byk tinggal di panti supaya terpantau, apalagi yg setiap hr nya hrs mengkonsumsi obat.

Jumlah panti dijepang banyak sekali, di tempat saya bekerja, kebetulan panti saya terletak dipinggir jalan. satu deret ada 3 buah panti dgn yayasan berbeda. Rata2 panti disekitar saya 3lantai. Bayangkan penghuninya brp byk lansia yg tinggal disana. Dan pastinya butuh byk tenaga perawat lansia utk bekerja disana.

syg nya anak2 muda jepang kalah jumlah dgn lansia jepang, yg berakibat kurang pula tenaga kerja perawat lansia jepang, makanya program EPA ini selain untuk perawat Indonesia, perawat dr philipina juga ada. Malahan denger2 berita burung… perawat dr Thailand jg akan masuk jepang.

Okeyy,, balik lagi ke mslh ujian tadi….. jadi… ini  penentuan buat saya dan teman2. Klo kami gagal ujian thn ini, maka diberikan kesempatan utk ikut ujian thn depan, dan bila gagal lagi ditahun depan... ya mau gak mau keluar dr program EPA dan pulkam ke Indonesia.

Dr agustus Lalu saya sudah mendaftar untuk ujian ini dan sudah menerima no ujian pada akhir Desember (klo saya tdk salah). Oh ya ujian ini tidak gratis, bayar sekitar 10ribu yen, kalau dirupiahkan sekitar 1juta rupiah deh...

di no ujian yg saya terima sudah ada alamat tmp ujian berlangsung, krn ujian ini ujian Negara, artinya ini diselenggarakan di seluruh jepang, serempak. Tempat tinggal saya prefektur kanagawa-ken jadi tmp ujian saya di yokohama, tepatnya gedung pasifico.


Gedung ini aulanya byk, gedeeee bgt. Krn kami perawat2 asing dan masuk program EPA, kelas untuk ujian kami dipisahkan dr kelas org2 jepang pd umumnya. Setidaknya mengurangi ketegangan buat saya dan teman2, wlwpun didalam kelas itu bukan cm perawat Indonesia, perawat philipin juga ada, tapi rata2 kami sdh mengenal satu sama lain saat kenshu (pelatihan2 sblum ujian).

Sebelum ujian,,,, seperti biasa update status dulu heeee… engga deng… telp en sms ortu en suami mohon doanya…

Ujian berlangsung 2 tahap, ujian pagi dan siang. Alhamdulillah untuk kami perawat asing disediakan 2 bentuk soal, soal yg full tulisan kanji dan soal kanji + hiragana diatasnya. Tau kan hiragana? Itu huruf sederhana jepang Bantuan untuk membaca kanji, tapi tetep aja klo kanjinya bs dibaca tp tdk tau arti,, yaaaa tidurrr aja dehhh :p.

Setelah ujian… kepala pusiiingg tapi lega. Hasil ujiannya???? Mmmm… msh hrs menunggu sampai akhir bulan Maret… hadeeeehhh… deg2an nya msh lama.

Sampai di apato langsung cek online kira2 dpt skor berapa, krn beberapa universitas mengeluarkan jawaban versi masing2. saya dibantu suami menghitung skor. Ya wlwpun sdh dihitung tp blm ada pengumuman resmi dr negara, tetep aja deg2an…

Apalagi tiap tahun skor terendah itu beda2 jadi masih blm bs dipastikan batas kelulusannya… mmm…

Berharap dibulan maret ada kabar gembira ^^)/ amiinn.

2 komentar:

Monas mengatakan...

Ka, kalau untuk daftar awal magang ke jepang posisi kaigofukushishi awalnya musti daftar kemana n syarat2nya apa??? musti siapin uang buat apa aja? Tq

NanaRatnadi mengatakan...

Kak bole tau link contoh utk soalnya dan apakah ujian utk org luar semua ada hiragananya?