arashiyama-Kyoto

arashiyama-Kyoto
arashiyama-Kyoto

Translate

Minggu, 11 Maret 2012

setahun tsunami jepang (11-03-2011)



intermezoo...
Belum hiLang ingatan saya saat ada di gedung UPI bandung, saat itu Bandung diguncang gempa th 2009 lalu.  waktu itu lengan atas saya kegores kena tembok krn ke jempet sama temen2 pelatihan bhs jepang yg lain yg buru2 lari turun dr lantai 4, nyaris rubuh tuh gedung rasanya, mpe semua atep2 dlm kelas pd copot, dinding retak, ditambah 300 org yg lari2 keluar, beuuh ngeriii. yakin bgt saya goncangan kuat didlm gedung saat itu adalah berkat kerjasama 300 org yg berlari panik pengen keluar gedung. hadehhh...


dan setelah kejadian itu, guru2 bhs jepang yg memang asli org jepang, langsung ngasih pelatihan gempa buat 300 org siswa pelatihan. intinya klo ada gempa, jgn panik berlarian,,, yg harus dilakukan adalah:
1. tenang
2. cermati goncangan kuat atau tidak
3. buka pintu, agar dpt dgn segera keluar bila gempa kuat. (ingat untuk tdk tergesa2 berlari keluar!)
4. berlindung dibawah meja untuk melindungi kepala dr barang2 ato lemari yg menimpa.

dan pelatihan gempa itu diulang kembali saat pelatihan berlanjut di shizuoka jepang. Intinya ga panik!
dan akHirnya latihan itu, jadi praktek nyata bwt saya!
Jumat, 11 Maret 2011 jam 14:46 siang waktu Jepang, wakTu lg kerja, saya lagi dikamar suzuki san (pasien lansia/nenek2)  yg rencana nya mau dibawa ke ruang mkn buat makan cemilan sore (oyatsu no jikan). begitu udh mindahin suzuki san ke kursi roda, saya denger pintu kaya ada yg gedor, saya pikir siapa, ehh tiba2 gantungan dinding jatoh... pintu kamar yg merupakan pintu dorong, kebuka-ketutup-kebuka... klo dibayangin mah kaya pilem2 hantu, Cuma adegan saat itu semua bangunan panti berguncang...

GemPaaa... (teriak saya dlm hati). ya ga mungkin kan saya triak2 dpn pasien krn pasti cuma bkin panik. Dan lg pula si nenek juga ga bereaksi apa2 krn penyakit yg dia derita, si nenek cm diem aja liatin barang pd jatoh. ga lama saya denger shunin (kepala lantai 3) turun mendadak kelantai 2, manggiL

Shunin: "daijyoubu?" (gak apa apa??) saya bingung jwb nya, krn saat itu msh goyang...
saya cuma berdoa dlm hati menyebut namaNya...
Gw: mmm ooki jisshin desune,,, (gempanya gede ya shunin)
----Gw pikir shunin bakal jawab, "iya, ini gempa, tenang ya, jgn panik"----
tapi tidak,,,,!!!
Shunin : soo, boku mo konna jisshin ga hajimete!... (saya jg baru pertama ngalamin gempa gede gini! dgn mukanya yg serius ketakutan!!!
Apaaaaa!! org jepang yg dr dulu jaman SD dia dh dapet pelatihan gempa, mlah ngasih jwban bgtu dgn ekspresi yg mkhawatirkan,,, jwb nya malah bkin saya pengen buru2 kabur turun kelantai 1 en keluar gedung... nyari taksi ke bandara en pulkam ke indoo... (haaa lebayyy)

tapi tidak!!! semua pegawai dipanti tidak panik! wlw muka mereka khawatir, tdk ada aba2 utk keluar dr gedung, aba2 yg ada cm untuk membuka pintu kamar pasien semuanya, agar klo gempa tmbah besar, gampang utk evakuasi pasien dr jalur evakuasi yg udh ada di tiap sisi gedung panti.

dan gempa makin melemah, saya pun tenang, dan langsung liat TV, krn pasti tiap gempa ada pmberitahuan di TV langsung, dan benar,,, ternyata terjadi tsunami setinggi 4 meter di Jepang atau lebih tepatnya diwilayah bagian timur Jepang (Miyagi, Sendai, Fukushima dan sekitar). 
Gempa tersebut memiliki merupakan gempa terbesar dalam kurun waktu 140 tahun terakhir yaitu sebesar 8,9 skala richer yg akhirnya 14 maret 2011 diralat menjadi 9,0 skala richer.

klo di indo.. 7 skala aja bangunan kocar-kacir bentuknya... ini 9 skala?? mmmm geleng2...


Meskipun selama ini orang Jepang dikenal sangat berpengalaman dalam menghadapi gempa karena seringnya Jepang dilanda gempa, tapi kali ini gempa yang terjadi gak seperti biasanya sehingga menimbulkan kepanikan dimana mana. ditambah dgn meledaknya bbrp reaktor nuklir dr PLTN di fukushima. org jepang nambah parno. apalagi saya.. serius deh pengen pulanggg ketemu ortu di indoo...


dan seminggu setelah gempa,,,, semua supermarket khabisan barang buat dijuaL, diborong semua. terutama roti dan beras... Hikssss saya kehabisan beras jadinya. begitu saya iseng nanya ma temen kerja dimana bs beli beras ya?, mereka langsung lapor ke direktur, direktur secara langsung nanya ke saya dgn muka serius "knp kamu ga cepet2 beli beras??"

saya dgn polos jawab,,, "mmm emg klo gempa? harus2 siap2 persediaan beras ya??"


saya bertanya kaya gitu dgn penuh 100% kesadaran, krn indonesia juga pernah ngalami tsunami yg lebih hebat dr tsunami jepang ini, saat tsunami Aceh 2006 lalu, dan saat itu gak ada yg numpuk beras dirumah kan??? seinget saya sih saya msh bs mkn nasi tanpa kehabisan beras...???

dan lagipula posisi tsunami jauh dr tempat saya tinggal. dan akhirnya saya dikasih beras dr bbrp temen kerja yg baik hati, dan dpt pula 1karung beras dr nenek petugas kebersihan panti yg emg baekkk bgt. dia bilang saat dia ngantri beli beras, inget ma saya katanya. 
selain itu saya juga dpt sumbangan tisu toilet dr dia, krn tisu toilet juga habissssss ga ada yg jual!!! (╥_╥) (╥_╥) (╥_╥) ohhh noooo!!!



dan seminggu kemudian setelah berita ttg radiasi nuklir menjadi mslh, mulailah lenyap air mineral dr supermarket... hadehhhh,,, bener2 yah org jepang itu perhitungan nya en persiapan nya cepet en kilat!!!

jadilah dlm sebulan itu saya tidur dgn ditemani tas ransel yg diisi dgn roti, pakaian 1setel, senter, batrei, dan kperluan darurat lain nya, agar klo tiba2 ada gempa saat tidur, langsung bs kabur bawa ransel dan hebatnya tiap komplek rumah udh ada peta penyelamatan tmp berkumpul bila ada bencana lho! jd gampang utk pendataan, jd ga kabur sesuka hati...

mmm hr ini setahun sudah bencana itu melanda, di TV ada peringatan setahun tsunami...
yukk mareee ikut mengheningkan cipta....
dan kota2 yg terkena bencana pun sudah indah dipandang dan rapi,,, 

mmm akhir2 ini dseluruh dunia cuaca ekstrem terus berkelanjutan, semoga gak ada yg lbh buruk lagi.
Amiiiin...


9 komentar:

divia putriana mengatakan...

iya yahh kak.. semoga cuaca yang belakangan ini ababil (di Indonesia) juga membaik.. hati-hati di sana yak kak :D

laptopmerah mengatakan...

hahahha lebih tepatnya cuaca yg dilanda kegalauan, wkwkkwk.
makasih ya, pokoknya harus siap sedia klo ada bencana mengancam.

hesty mengatakan...

haha, jadi inget waktu kejadian aku lagi dines. dapet kabar dr temenku. aku langsung panik n bilang "wah korea kena gak tuh!! shinee kena gak ya???" trus temenku bilang "trus kakak lu gmana bo??". aku : "kakak? oh iye! kakak gue di jepang ye!!!" #lupa >>> -,- adik tidak berbakti wkwkwkwkwkwk

laptopmerah mengatakan...

akh koment ini,,, tidak enak dibaca dehhh ‎(‾___‾٥)
(" `з´ )_,/"(>_<'!)

Istighfarin.com mengatakan...

hmmm, orang jepang emang sangat disiplin yah... pandai ber antisipasi

kue coklat brownies SIMPLY SIMPLE mengatakan...

orang jepang emank disiplin dan cekatan
udah berpengalaman donk sis dalam menghadapi gempa?
kalau ane kayanya bakalan parno duluan
apalagi kalau di gedung yang tinggi
gemetaran dah kaki ane

laptopmerah mengatakan...

yup betul betul, sanking disiplin nya, kadang2 terlihat terlalu lebaayyy. sgala sesuatunya dipikirin mpe detail bgt.

laptopmerah mengatakan...

selama disini, ngalamin gempa kecil sering bgt. apalagi setelah tsunami thn lalu, hmpir tiap hr g bs tdur nyenyak. sekitar 1menit ato bbrp detik sblm gempa dtg, dr TV langsung ada sirine peringatan nya.
begitu denger sirine, pertama2 nungguin gempanya dulu, soalnya kdg2 ada sirine gempa nya ga ada (lebayyy ga tuh), nah pas goyang, dikira2 gede apa engga, mpe saat ini sih belum pernah lari terbirit birit pas gempa, alhmd msh serasa di oyak oyak aja. lumayan olah raga jantung hehehehe...

airyz mengatakan...

semoga bumi gak murka lagi ya :)