arashiyama-Kyoto

arashiyama-Kyoto
arashiyama-Kyoto

Translate

Jumat, 03 Februari 2012

Perayaan setsubun (menyambut musim semi)

okeh hari ini tgl 3 Feb, di negri doraemon hr ini namanya hari setsubun (節分). Hari menyambut dtg nya musim semi... dgn kata lain musim dingin berakhir. Tapi aRRRRgggghh hr ini bangun pagi2 rasanya beku!!! gw ngintip info cuaca... jenk jenk!!!

ebina-shi, kanagawa-ken, japan

yaa... dgn cepet langsung tombol AC penghangat gw nyalain, gw kan manusia yg lahir diwilayah tropis, berhadapan ma cuaca kaya gini... mmmm... pengennn pulanggg... (╥_╥)
tapi begitu menikmati sarapan, otak mulai bekerja, setsubun... , kayanya ada yg spesial hr ini...
langsung bola lampu nongol di pala gw!!! mmm menu makan siang dipanti!!!, menu spesial setsubun, futomaki, hmmm oishiii sooo "kaya nya enakk bgt" (˘̩̩̩˘̩̩̩) " `ʃƪ) (ˆˆ) 
gw inget krn gw yg bikin poster menunya hahaha...

oh ya blm cerita ya, dr awal tahun kemaren, setelah 1thn bekerja, tiap karyawan wajib masuk keanggotaan komite (委員会= ingkai). Nah gw kebagian masuk komite gizi yg dipimpin ma ahli gizi (eyoshi) di panti, yg tiap 1bulan sekali ada rapat slm 2jam ngebahas ttg gizi en tetek bengeknya. jujur aja sih klo yg namanya duduk en dengerin org ngomong, reaksi tubuh gw adalah TERTIDUR! kayanya seluruh anggota komite jg tau kebiasaan gw itu. Makanya satu2nya tugas yg dibebanin ke gw oleh eyoshi adalah bikin poster!

Karna ga punya printer en gak ada yg namanya warung buat ngeprint kaya di indo, terpaksa hrs gambar pke tangan. hadeehhh alhasil ga jauh beda ma gambar anak TK, tapi gpplah yg penting kewajiban dah gw laksanakan..
gak bgt sumpah!!!
menu yg tertulis di situ futomaki, kalo di indo mirip bgt ma lemper, cekidot fotonya!!
futomaki
klo ini lemper.

mirip kan???
tp bedanya dijepun dibungkus ma lembaran rumput laut kering yg disebut "nori" jd bs dimakan, klo lemper indonesia kan dibungkus daon pisang, bisa juga sih klo mau makan ma daon pisang nya sekalian, tergantung selera wkwkkwkw :p.

Eyoshi (ahli gizi) cerita ma gw, knp setsubun itu idientik ma futomaki? dulu futomaki dimakan tanpa berhenti sambil menghadap ke arah mata angin tempat bersemayam dewa keberuntungan untuk tahun tersebut. futomaki dipegang dengan kedua belah tangan dan orang yang sedang makan dilarang berbicara sampai semua habis dimakan. berharap smoga musim semi tahun ini bs mbawa keberuntungan yg gak putus2nya.

nah coba perhatiin poster gw diatas, kenapa poster gw gambarnya setan bertaring??? (itu gambar setan bertaring lho!!) ‎(" `з´ )_,/"(>_<'!)  
ini nih hubungan nya!
adat Mamemaki (lempar kacang) juga ada pas setsubun, yaitu tradisi lempar kacang buat ngusir Oni (setan/hal2 buruk). Biasanya yg dipake kacang kedelai, ada juga sih yg pke kacang tanah. Kacang dilempar keluar rumah sambil bilang "Oni wa soto, fuku wa uci" artinya "setan diluar, keberuntungan didalam".

ada yg mau dilempar kacang???? wkwkkwkwk!!!


17 komentar:

hesty arnize mengatakan...

huahahahahah kocak bener itu posternye... wkwkwk ga ada yang protes apeh??? hahah
eh bro, betewe, coba deh ganti pengaturan komentarnya, bikin pengaturan siapa pun bisa komen, soalnya pengaturan komen kamu masih ngebatasin yang komen, cuman yang punya blogspot aja yang bisa komen

laptopmerah mengatakan...

jiahahaha aku bikin nya buru2 semaleman, kehabisan ide.
iya yah udh aku buka kok ^^.

hesty mengatakan...

nah kalo gini kan aku komennya bisa atas nama siiqebo :D

Susu Segar mengatakan...

mau mau. . . . tapi kacang bawang yak. . .

laptopmerah mengatakan...

hehehhe... ya udh koment terus ye broww...

laptopmerah mengatakan...

jiahhh... yg dilempar kacang harus pake topeng setan dulu, iye ntar dilempar ma kulit kulit nya :p
btw, thanks dah mampir :)

Susu Segar mengatakan...

kayaknya cakepan gak pake topeng deh aku hehehehehee (PD)

masukin musiknya gini gimana yak. . ??? pengen aku

Istighfarin.com mengatakan...

makan tuh daun lemper :D
wah, kerja di luar negeri ya? Ikutan donk buk

laptopmerah mengatakan...

wkkwkwkwk...
di klik aja di music itu, biar masuk sitenya, pilih lagunya, copy paste code nya msukin deh ke design yg formatnya HTML.
eh tapi knp musicdumper ane ada tulisan missing plugin hadehh. eror iniii...

laptopmerah mengatakan...

hehehe.. daon lempernya dikasih kambing ja :p
iya nih dpt rejekinya jauh :)
cari info lowongan kerja LN ja di BNP2TKI.go.id

Susu Segar mengatakan...

coba deh . . .. . ntar klo gak bisa tanggung jawab lo

hesty mengatakan...

cie cie banyak yang komen ngahahahahah

laptopmerah mengatakan...

jiahhh kan lu yg ngajarin blog walking...
ngagagahahhahahah

laptopmerah mengatakan...

sayaa aja kaya nya musicnya udh kagak nyala inihh..
napa ya???

Susu Segar mengatakan...

tetep gak bisa nih. . . apa aku yang gak bisa x yak. . . nyerah deh

hesty mengatakan...

dah maret bro... posting baru donch... posting foto2 juga okeh

laptopmerah mengatakan...

iyee broo,,, bingung posting apelagi, klo foto2 ku tll pribadi buat ditaro diblog... ad mukanya smua soalnya wkwkkwk,,, ntar deh lg byk tugas penuh kanji, pala puyenggg,,, uweng uwengg ~___~)"