arashiyama-Kyoto

arashiyama-Kyoto
arashiyama-Kyoto

Translate

Rabu, 19 Juni 2013

KMS bilingual Indonesia-Jepang

18 juni 2013

Assalammualaikum para pembaca yg setia... *hueeee sok tenar blognya*

Memasuki  kehamilan 10minggu, saat kontrol,  pak dokter meminta saya untuk lapor ke shiyakusho (kantor walikota) untuk dapet boshi techo (buku petunjuk kesehatan ibu dan anak). Klo di Indonesia sih biasanya disebut KMS (kartu menuju sehat) ibu&anak.

Tapi aneh gak sih kok buku KMSnya hrs minta ke kantor walikota? Di Indonesia setahu saya saat dulu msh jd dukun beranak *ehh bu bidan maksudnya, KMS itu dikasih dr tmp periksanya, bidan/puskesmas/RS.  Bayangin klo di Indonesia, lapor hamil en minta buku KMS ke kantor walikota,,, pegawai kantor walikota mungkin bakal nga-nga... hiiiiii :p


mmm... saat di siyakusho, saya dilayani dgn ramah sama pegawainya, setelah ngasih surat keterangan yg saya dpt dari si dokter di klinik, dia langsung menyodorkan boshitecho setumpuk, saya perhatikan ternyata boshitecho nya beragam bahasa...
dia bilang “mau yg berbahasa jepang atau yg berbahasa Indonesia?”
wahhh keren... ada yg bhs Indonesia juga, bi-lingual gitu boshitecho nya... jempol deh buat jepun... makin sukaaaa deh ma pelayanannya...
  
klo di indo sejenis KMS gitu




akhirnya saya ngerti knp klo di jepang hrs lapor ke shiyakusho, krn selain dikasih buku KMS dan setumpuk buku2 bacaan utk ibu hamil & balita, 

yg mengejutkan, saya juga menerima 1 buku yg isinya kupon2 kortingan biaya untuk periksa hamil... woooww,,, dikorting Bokk!! *salto gaya ibu2 dpt diskonan*
di lembar kupon pertama saya lihat angka diskon nya 10,000 yen>>>>> kira-kira  Rp.1juta ...
uwaaaaaaaaa......*sambil goyang itiknya saskia gothic*...

kupon ke-2 sampai ke-14 dgn angka diskon 3000yen sekitar Rp. 300ribu... selain itu ada lembar terakhir untuk laporan melahirkan, dan setelah melahirkan siap2 deh nerima uang sekitar 420,000yen (Rp.42juta) sebagai biaya pengganti ongkos melahirkan dr asuransi kesehatan dr pemerintah jepang. Klo ttg uang 42 juta ini saya udh pernah baca saat belajar sistem asuransi jepang. Jd ga bakal salto apalagi goyang itik... tapiiii *ambil mic “buka sitik josss” goyang sesar*...

tapi untuk yg 42juta ini, saya harus ikhlasin,,,, krn saya & suami sudah memutuskan dr awal kehamilan... rencana melahirkan nanti adalah ditanah tumpah darah Indonesia,,,, *sambil hormat nengok ke langit2 apato*
sistem asuransi kesehatan di jepun okehh bgt kan,,, (sangking okehnya pas belajar sistem asuransi, kepala saya nyuttt-nyatt-nyitt-nyuuut...)
ya wlwpun org jepang msh byk yg bilang, masih kurang puas sama sistem asuransinya....???? whattt???? 

Coba deh hidup di Indonesia apa koment mereka heeeeee...  yaaa tp saya jg ga mau sok tau sih, saya kan ga tau rasanya jd org jepang asli... yg saya tau sbg org-asing- yg- hamil- di- jepang, saya merasa sgt terbantu dgn sistem asuransi ini.

Oh ya 1 lagi, saya jg dpt gantungan tas maternity, gantungan maternity ini  sbg penanda dan buat jaga2 kalau2 saat diluar rumah sendirian terjadi apa2 sama kita, org yg menolong bisa tau kita sdg hamil, terutama saat hamil kecil kan blm keliatan tuh, selain itu gantungan ini gantungan ajaib untuk naik kereta, soalnya kereta  dijepun menyediakan tmp duduk khusus untuk org cacat, lansia, org dgn alat bantu kesehatan (contoh facemaker) dan buat ibu hamil.

Jd peluang untuk duduk di dalam kereta jd lbh besar heeee... maklum tiap hr saya kan kerja menggunakan transportasi kereta listrik, dan sll berdiri. Gempor bokk!! Dgn adanya gantungan ajaib ini... klo saya berdiri didepan tempat duduk khusus, krn org yg duduk disitu, pasti ngasih tempat duduknya dan saya bisa duduk!!!!! *lap ingus krn terharu*
gantungan tas ajaib

Pulang dr siyakusho, langsung deh baca2 buku bacaan setumpuk yg dikasih gratis ma siyakusho...
buku pegangan untuk suami jg ada lhoo...
^^ sehat2  dikandungan yaahhh anak umii...^^)/....


Tidak ada komentar: